Download Buku Guru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V SD
Judul Buku : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 5
Penulis Buku : Feisal Ghozaly.
Tahun Terbit : 2017
DOWNLOAD 3 MB |
Penulis Buku : Feisal Ghozaly.
Tahun Terbit : 2017
Info Buku : Semata-mata (innama) misi pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk
menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam alQur'an
bahwa beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada
semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur'an ini digunakan struktur
gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting.
Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan
tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu,
Nabi Muhammad saw., bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya
adalah yang paling baik akhlaknya”1
dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah
yang paling baik akhlaknya.”2
Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi
dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan
kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang,
kepada segenap unsur alam semesta.
Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk
mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan
sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan
dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta
semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.
Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat
tersebut. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang
harus dilakukan peserta didik dalam upaya memahami pengetahuan agamanya,
mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata, dan sikap keseharian yang sesuai
dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah
sosial.
Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap
peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat
memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber
dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.
Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka untuk terus dilakukan perbaikan
dan penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca
memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan
pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih.
Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia
pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia
Merdeka (2045).
No comments:
Post a Comment