Monday 5 February 2018

Cara Membuat Alat Sederhana Untuk Mengetahui Peredaran Darah Pada Tubuh Manusia

       Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah post tentang cara membuat alat sederhana untuk mengetahui peredaran darah pada tubuh manusia. tutorial kali ini bisa juga digunakan untuk pembelajaran pada siswa sekolah dasar kelas tinggi, soalnya menggunakan alat-alat yang cukup berbahaya apabila di ajarkan untuk siswa sekolah dasar kelas rendah. dan kita juga perlu berhati-hati ketika menggunakan alat-alat tersebut supaya aman dan tidak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan tentunya. langsung saja kita mulai dengan menyiapkan alat dan bahan yang akan digunkan kali ini.

BAHAN YANG HARUS DISIAPKAN :
1. 6 Botol plastik bekas
2. 3 Meter selang kecil (diameter 8 mm)
3. Dua bekas ballpoint pegas (ballpoint yang digunakan adalah jenis gel pen)
4. Papan triplek 40 x 60 cm
5. Pewarna merah (tinta printer) secukupnya
6. 2 Buah gotri kecil
7. Busa karet





ALAT YANG HARUS DI SIAPKAN :
1. Pisau
2. Cutter
3. Solder
4. Lem silicin rubber
5. Lem alteco



kalau semuanya sudah lengkap dan tidak ada yang ketinggalan, kita langsung saja mulai melakukan praktik membuat ata tersebut. simak baik-baiknya caranya.

LANGKAH-LANGKAH NYA ADALAH SEBAGAI BERIKUT :
  1. Botol dilubangi bagian atas dan bawah menggunakan Solder sesuai  diameter selang.
  2. Siapkan triplek, lalu atur posisi 6 buah botol tersebut sesuai gambar di bawah.
  3. Potong busa karet sebanyak 6 bagian sesuai ukuran. Rekatkan semua  busa karet pada triplek menggunakan Lem kastol, lalu rekatkan semua botol pada busa karet (sebagai tumpuan).
  4. Untuk membuat katub, potong ballpoint dan ambil isinya, sisakan pegas dan dudukannya. Masukan gotri hingga gotri  terkunci oleh per dan ujung ulir ballpoint sehingga gotri dan per akan selalu bergerak untuk membuka dan menutup ketika mendapat tekanan.
  5. Sambungkan botol satu dengan botol yang lain dengan selang. Alur penyambungan selang terdapat pada gambar di bawah. Tambahkan  lem alteco di penyambungan selang jika terasa longgar.
  6. Pasang katub dari ballpoint di antara bilik dan serambi seperti gambar di bawah.
  7. Pastikan setiap sambungan benar-benar kedap udara dengan menambahkan lem silicon  rubber di sekitar sambungan selang.
  8. Rekatkan selang (pembuluh darah) pada triplek.
  9. Campurkan air dengan pewarna merah, lalu masukan air (darah)  tersebut ke alat melalui bagian “paru-paru” atau  “tubuh”.
hasil dari proses diatas adalah :



       Dalam alat ini, ketika salah satu bilik ditekan akan terjadi simulasi proses peredaran darah dari jantung ke paru-paru dan seluruh tubuh. Seluruh botol terhubung dengan selang (sebagai pembuluh darah) dan katup bekerja dalam waktu bersamaan meskipun hanya satu bilik yang ditekan sehingga air (darah) bersirkulasi layaknya sistem peredaran darah manusia.  Sebagai contoh, pada saat bilik kiri ditekan, air akan mengalir dari bilik kiri ke seluruh tubuh melalui pembuluh nadi, kemudian menuju ke serambi kanan melalui pembuluh balik. Pada saat ditekan, air dari bilik kiri tidak bisa kembali/bercampur ke serambi kiri, pada saat ditekan katub akan menutup dan pada saat dilepas air akan turun dari serambi ke bilik kiri.



       Sangat menawan hasil dari karya tersebut, silahkan dicoba untuk membuatnya sebagai alat praktik dirumah. tentunya harus hati-hati dalam melakukannya karena ada alat-alat yang berbahanya. sebaiknya lagi jika mendapatkan pemdampingan dari orang tua atau orang yang telah dewasa agar aman dalam melakukan nya. demikianlah akhir dari postingan saya kali ini semoga bermanfaat untuk semuanya. trimakasih atas kunjungannya ke blog ini, dan selamat berkarya.

2 comments:

  1. trimakasih infonya gan bisa untuk praktek

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete